10.201 Warga Nahdliyin Pamekasan Hadir di Harlah 1 Abad NU

Oke News, Pamekasan 05 Februari 2023-PC NU Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mencatat sebanyak 10.201 warga NU di Kota Gerbang Salam menghadiri Harlah 1 Abad NU yang digelar di Gedung Olah raga (GOR) Delta Sidoarjo Jawa Timur pada Selasa (07/2/2023) besok.

Wakil Ketua PC NU Pamekasan, Taufiqurrahman Khafi menjelaskan, jumlah jamaah yang tercatat sebanyak 10.201. Mereka berasal dari masing-masing kecamatan yang sudah mendaftar secara resmi kepada pengurus di tingkat ranting dan Majelis Wakil Cabang (MWC).

“Jemaah yang resmi mendaftar kepada PCNU Pamekasan sebanyak 10.201. Yang tidak mendaftar cukup banyak juga karena ada yang berangkat lebih awal tanpa bersama-sama dengan rombongan,” terang Taufiq, dalam keterangan pers, Ahad (5/2/2023).

Taufiq menambahkan, sebelum jamaah dilepas ke Sidoarjo, mereka dikumpulkan di 5 zona yang berbeda. Zona 1 meliputi 3 kecamatan di wilayah utara, yakni Kecamatan Batumarmar, Kecamatan Waru dan Kecamatan Pasean. Jamaah ini akan dilepas dengan pengawalan dari Satlantas Polres Pamekasan pada pukul 18.30 WIB.

“Zona 2 meliputi Kecamatan Pamekasan, Kecamatan Proppo, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Pegantenan dan Kecamatan Pakong. Mereka titik kumpulnya di Terminal Chargo di Jalan Raya Larangan Tokol atau di depan Mako 516 Pamekasan,” imbuh Taufiq.

Sedangkan zona 3 meliputi Kecamatan Kadur, Kecamatan Larangan, Kecamatan Galis dan Kecamatan Pademawu. Rombongan ini titik kumpulnya di Jalan Raya Konang Lanjang, Kecamatan Galis. Sedangkan zona 4 hanya Kecamatan Tlanakan. Titik kumpul kecamatan paling selatan ini, di pintu masuk Gerbangsalam, Tlanakan.

“Zona 3 dilepas pada pukul 19.45 WIB dari Konang Lanjang. Sedangkan zona 2 akan diberangkatkan pada pukul 20.00 WIB. Rombongan zona 3 akan bertemu dengan zona 2 di Terminal Chargo. Sedangkan zona 4 akan mengekor di belakang zona 2 dan zona 3,” ungkapnya.
Taufiq menuturkan, zona 2, zona 3 dan zona 4, akan bertemu dengan zona 1 di persimpangan Tangkel, Bangkalan untuk berangkat bersama-sama menuju GOR Delta Sidoarjo.

“Jadwal kedatangan jemaah PCNU Pamekasan di GOR Delta Sidoarjo pukul 02.00 WIB sampai 04.00 WIB pada Selasa (6/2/2023),” kata Taufiq.
Pria yang juga pengajar ilmu komunikasi di IAIN Madura ini mengungkapkan, zona terakhir yakni zona 5, merupakan rombonga dari Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan. Mereka akan berangkat ke Sidoarjo pada Selasa pagi pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul di bundaran monumen Arek Lancor.

Menurut Taufiq, tingginya antusiasme warga Pamekasan untuk datang ke puncak Harlah 1 Abad NU ini karena mereka ingin mendapatkan barokah dari para ulama yang ikut menyemarakkan dalam acara resepsi. Dalam resepsi, ada banyak rangkaian yang sudah dirancang oleh panitia. Mulai dari istighasah, manaqiban, ijazah kubro, dan hiburan-hiburan dari artis papan atas hingga artis dunia Maheer Zen.

“Yang tak kalah pentingnya kehadiran jemaah ke puncak Harlah 1 Abad NU ini, karena mereka ingin menjadi bagian dari sejarah 100 tahun NU berkiprah untuk agama, bangsa dan negara. Momentum ini tidak akan terulang kembali bagi warga NU saat ini karena harus menunggu 100 tahun yang akan datang untuk abad kedua NU,” pungkasnya. (Bai)

Komentar