HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI, Persatuan Wartawan Indonesia Sumenep Gelar Safari Jurnalistik di Kampus Uniba

Oke News, Sumenep, 30 Januari 2023-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Madura Jawa Timur menggelar safari jurnalistik atau Goes To Campus dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 PWI.

Goes To Campus PWI kali ini dimulai dari Uniba Madura. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pemaparan materi jurnalistik yang disampaikan oleh penasehat PWI, Moh. Rifai yang juga wartawan Harian Surya.

“Kehadiran kami disini (kampus Uniba, red.) bagian dari cara kami untuk mengaplikasikan salah satu fungsi pers, yakni memberikan edukasi kepada masyarakat kampus,” kata Ketua PWI Sumenep, M. Syamsul Arifin, Senin (30/01/2023.

Wartawan Harian Bhirawa ini menyampaikan, selain sebagai bentu edukasi kepada masyarakat kampus, Goes To Campus ini merupakan salah satu bentuk komunikasi PWI dengan lembaga perguruan tinggi.

“Sebab, seorang wartawan juga membutuhkan informasi perkembangan pendidikan di kampus untuk disampaikan kepada masyarakat umum,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UNIBA Madura, Budyi Suswanto menyampaikan, kehadiran PWI di kampusnya dapat menjadi awal hubungan yang baik. Bahkan, tidak hanya hubungan dibidang pelatihan jurnalistik, namun lebih dari itu.

“Kalau perlu nanti akan ada MoU antara PWI Sumenep dengan pihak UNIBA dibidang tertentu. Ini demi kemajuan bersama,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan jurnalistik ini dapat menumbuhkan semangat mahasiswa untuk membentuk lembaga pers mahasiswa (LPM), karena saat ini masih belum ada.

“Semoga ini bisa menggugah mahasiswa untuk membentuk lembaga pers mahasiswa,” harapnya.

Komentar