Kepala Disdik Sumenep, Pastikan Dana Hibah Tahun 2022 Terealisasi

OKE NEWS268 Dilihat

Oke News, Sumenep 30 Mei 2022-Besaran dana hibah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur capai Rp19 miliar. Tentu anggaran yang tidak sedikit ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Agus Dwi Saputra menjelaskan Rp19 miliar tersebut dalam realisasinya akan mengutamakan pembangunan fisik, seperti rehabilitasi gedung sekolah maupun penambahan ruang kelas baru (RKB).

Terkait penyalurannya, dana hibah tersebut diberikan kepada ratusan lembaga pendidikan, baik daratan maupun di daerah kepulauan.

Sampai saat ini, lanjut Agus-panggilan karib Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, realisasi danah hibah sudah memasuki tahap verifikasi.

“Sehingga dalam waktu dekat akan segera direalisasikan,” terang Agus, Senin, 30 Mei 2022.

Agus juga mengungkapkan bahwa bantuan hibah keuangan itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun 2022. Dan secara umum berupa bantuan pembangunan fisik. Maka, gedung yang sudah tidak layak atau ruang belajar akan terakomodir dari bantuan keuangan tersebut.

“Saat ini sudah proses sosialisasi pencairan terhadap lembaga yang bakal menerima bantuan dana hibah,” tambah Agus.

Masih menurut Agus, dana hibah tersebut akan disalurkan kepada sejumlah lembaga pendidikan, seperti sekolah dasar (SD) sederajat, dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Untuk SD Rp5,5 miliar SMP 2,2 miliar, PAUD 4,1 miliar, sementara PNF (pendidikan non formal,red) 7,7 miliar. Sementara khusus lembaga pendidikan yang menerima pagu di atas Rp200 juta harus melalui proses lelang,” pungkasnya. (*)

Komentar