Pemkab Sumenep Buka Mall UMKM, Pusat Oleh-oleh Para Wisatawan

Oke News, Sumenep, 27 Juni 2022-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menunjukkan keberpihakannya kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan membuka mall pusat oleh-oleh wisatawan.

Pembukaan Mall UMKM itu merupakan upaya untuk mempermudah para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep memasarkan produknya.

Mall UMKM ini tepat berada di depan Keraton Sumenep yang selalu ramai dengan wisatawan. Mal UMKM ini dibuka langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Senin, 27 Juni 2022.

Dengan keberadaan pusat oleh-oleh khas Sumenep ini, Pemerintah Daerah ingin terus mendorong agar UMKM Sumenep semakin maju dan bersaing dengan produk atau industri lain.

Nantinya, seluruh produk UMKM Sumenep, mulai dari makanan, jamu, kerajinan ukiran, batik hingga keris, akan tersedia di mal ini. Sehingga masyarakat yang berkunjung ke Sumenep tak kesulitan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Sumenep.

Bupati Fauzi mengatakan, Mal UMKM ini sebagai langkah awal agar produk UMKM Sumenep bersaing di pasaran. Nantinya produk yang masuk dalam mal ini akan diseleksi untuk bisa naik kelas dipasarkan di tingkat nasional bahkan ekspor.

“Produk-produk UMKM kita yang awalnya di sini, nanti akan kami inventarisir untuk naik kelas ke gedung Halalhub di Tajamara itu. Agar bisa diekspor ke luar negeri,” katanya.

“Harapan saya, mal UMKM ini berfungsi. Baik secara ofline maupun online. Pengelolanya juga harus selalu berkoordinasi dengan pengelola Halalhub agar produk UMKM ini bisa dipaparkan di marketplace lain, baik nasional maupun internasional,” tambah dia. (*)

 

Komentar