Pertama Kali Pelepasan Tukik di Pantai Wisata Sumenep

Oke News, Sumenep 01 Agustus 2022-Belasan tukik dilepasliarkan di Wisata Pantai Sembilan, Pulau Giligenting Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh warga yang tergabung ‘Pokmakwas Reng Paseser’, aktivis lingkungan dan BKSDA Jatim, Senin (01/08/2022). 

Sebelum melakukan pelepasa penyu, untuk tiba di lokasi, warga, para aktifis dan BKSDA harus menempuh perjalanan laut sekitar empat puluh menit dari pelabuhan Tanjung Saronggi menuju Wiisata Pantai Sembilan, di Kecamatan Giligenting, dengan menaiki perahu tradisional.

Setibanya di lokasi, tampak antusiasme dalam proses pelepasan belasan Tukik di Pesisir Wisata Pantai Sembilan, Desa Bringsang, Kecamatan Pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep. Pelepasan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh warga, para aktifis lingkungan, BKSDA  dan dinas kehutanan Jawa Timur.

Pelepasan Penyu ini untuk menjaga populasi penyu dan melakukan pendataan guna upaya konservasi penyu di wilayah pesisir Kabupaten Sumenep.

Salah seorang aktivis lingkuangan, Fadel Abu Aufa mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, bahwa di sekitar Wisata Pantai Sembilan sudah dari dulu sering bertemu yang bertelur, “Sehingga kami berharap kedepan ada perhatian khusus untuk melindungi binatang penyu agar berkembang biak dengan maksimal,”harapnya.

Sementara itu, SKW IV BKSDA Jatim Milayah Madura, Dani Triadi mengakui, sejauh ini belum ada data konservasi dan jumlah penyu yang ada di Kabupaten Sumenep,”Upaya pertama ini akan dijadikan acuan agar habitat dan keberadaan penyu di sumenep terlindungi,”terangnya*

Komentar