Sekretaris DPC PDIP Sumenep: Membersihkan Sampah Tampak Sederhana, Tetapi Dapat Mengantisipasi Bencana

Oke News, Sumenep 16 November 2021-Kader PDI Perjuangan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus melakukan aksi bersih-bersih sungai Kali Marengan. Kegiatan tersebut direncanakan hingga akhir Desember mendatang.

Kali ini, Selasa, 16 November 2021, kegiatan aksi bersih sungai dilakukan oleh kader PDI Perjuangan Sumenep dari PAC Kecamatan Lenteng dan Ganding, sesuai jadwal yang telah dibuat DPC PDI Perjuangan Sumenep.

Fokus yang dilakukan para kader PDI Perjuangan Sumenep dalam setiap aksi bersih sungai ialah membersihkan sampah anorganik, seperti plastik, pakaian bekas, kaleng bekas, ban semacamnya.

Pasalnya sampah-sampah seperti masih sering dijumpai dan berserak di pinggir hingga di tengah sungai. Sehingga secara estetika menggaggu dan menimbulkan pencemaran air sungai.

Selain itu, para kader PDI Perjuangan Sumenep ini juga melakukan pengerukan kepada bagian-bagian sungai yang tampak dangkal agar aliran sungai menjadi normal.

Sampah yang sudah diambil, dimasukkan dalam karung, lalu dikumpulkan di satu tempat. Kemudian diangkut menggunakan truk untuk  dibuang ke tempat yang semestinya.

“Sebenarnya menjaga kelestarian lingkungan, termasuk kebersihan dan fungsi sungai, merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab bersama sebagai warga negara. Kami hanya memulai. Semoga kegiatan yang kami lakukan menginspirasi, khususnya masyarakat di sekitar sungai Kali Marengan,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumenep, Abrari.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih sungai secara kasat mata memang tampak sederhana. Namuan secara tidak langsung, hal itu sebenarnya bagian dari upaya mencipta keseimbangan antara manusia dan lingkungan sekitar.

“Karena bila lingkungan mulai rusak maupun tercemar, bukan tidak mungkin bencana akan mengintai, seperti banjir,” papar pria yang akrab disapa Abe itu.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan sungai dan alirannya, minimal, dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Silakan buang sampah pada tempatnya,” tambahnya.(sai)

Komentar