oleh

Ketua DPRD Sumenep: Hari Lahir Pancasila, Momentum Penting Meneguhkan Semangat Bersatu

Oke News, Sumenep, 01 Juni 2022-Hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tangga 1 Juni menjadi momentum penting bagi masyarakat Indonesia untuk meneguhkan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi.

Hal itu, diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, Rabu, 1 Juni 2022.

Diketahui, peringatan 1 Juni ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai hari Pancasila yang dituangkan dalam Keppres nomor 24 tahun 2016. Setelah ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, lalu ditetapkan sebagai hari libur nasional.

“Peringatan hari lahir Pancasila ini muncul karena pentingnya mengokohkan dasar negara sebagai fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Abd. Hamid Ali Munir melalui sambungan selularnya.

Untuk itu, kata Hamid, perlu bagi masyarakat untuk berbenah diri dalam menyemangati peringatan hari lahir Pancasila ini.

“Refleksi hari lahir Pancasila, juga harus menjadi semangat baru dalam menyongsong pembangunan daerah Kabupaten Sumenep ke arah lebih baik lagi,” tegasnya.

Legislatif dan eksekutif termasuk juga rakyat, kata dia harus bersatu, dengan tujuan bagaimana target pembangunan ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain.

Politisi PKB itu menuturkan, bahwa dari kesatuan semangat, gotong royong dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, secara otomatis akan dapat mengejar ketertinggalan pembangunan daerah.

“Semangat itulah, kemudian pembangunan daerah seperti yang diharapkan bisa tercapai. Tentunya, tidak hanya pemerintah sendiri namun juga ada peran serta masyarakat dan swasta,” imbuh politisi senior PKB ini.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh komponen masyarakat khususnya Sumenep, untuk tetap tangguh dalam menghadapi situasi dan kondisi sulit dimasa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19.

“Pancasila sebagai ideologi dan pedoman hidup, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia situasi dan kondisi apapun. Tentunya dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir sila Pancasila,” tandasnya(sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca juga