Memupuk Kerukunan Antar Ummat Beragama, Gusdurian Gelar Nobar Film Toleransi di Klenteng Sumenep

OKE NEWS322 Dilihat

Oke News, Sumenep 30 November 2022-Komunitas Gusdurian Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar kegiatan pemutaran film toleransi dan diskusi keberagaman yang digelar di klenteng Pao Sian Lin kong, tepatnya di Desa Pabian Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022).

Pemutaran film toleransi dan diskusi keberagaman itu sebagai bentuk upaya memperkuat hubungan antar ummat beragama di kabupaten madura.

Di samping kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional, bekerjasama dengan Yayasan Klenteng Pao Sian Lin Kong yang merupakan tempat ibadah Tridharma bagi pemeluk Konghucu, Budha dan Keyakin Tao. Dengan mengangkat tema melalui film documenter “Luka Beta Rasa” berdasarkan kisah nyata dari konflik Ambon beberapa tahun silam. Yang mengakibatkan ribuan nyawa melayang akibat kerusuhan yang dipicu oleh isu ras dan agama.

Ketua Komunitas Pecinta Gusdurian Sumenep, Zainollah, menjelasakan komunitas pecinta Gus Dur di Sumenep diketahui sangat begitu aktif mengangkat isu-isu sosial dan keberagaman dalam berbagai kegiatan,”Kedepan Gusdurian berkometmen menjadi penyampai pemikiran dan nilai keteladanan KH. Abdurrahman Wahid,”katanya.

Menurut Zain sapaan akrabnya, bahwa melalui film toleransi itu agar kejadian masa lalu yang terjadi di Ambon bisa menjadi pelajaran. “Sehingga anak muda sebagai pemegang warisan generasi bangsa terus memupuk dan mengambil pelajaran untuk menjahit kerukunan itu lebih dekat dan lebih kuat lagi kedepannya,”katanya.

Sementara itu, Gus Qusyairi Zaini yang dikenal sebagai salah satu pengasuh pesantren yang gencar menyuarakan moderasi beragama, sangat begitu mengapresiasi langkah anak muda pecinta Gus Dur dalam merangkul kelompok minoritas di Sumenep,” Kita ini terlahir dari bangsa yang majemuk dan pluralistik terdiri dari berbagai budaya, suku, ras dan agama sehingga merawat kerukunan itu suatu hal yag wajib bagi kita semua demi menciptakan bangsa yang maju,”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Gus Qusyairi Zaini yang merupakan Ketua Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Sumenep dan Sugiyanto Irwan salah seorang tokoh Budha. Selain itu para peserta juga berasal dari berbagai daerah.

Komentar