oleh

Warga Kepulauan Sumenep, Iuran Perbaiki Jalan Poros Desa Rusak Parah

Oke News, Sumenep 05 Juli 2022-Langkah warga Pulau Kangean Sumenep, Jawa Timur, patut diapresiasi, pasalnya mereka secara suka rela iuran demi memperbaiki jalan poros desa rusak parah yang tak kunjung diperbaiki.

Inilah antusiasme warga pulau, bergotong royong memperbaiki jalan poros desa yang rusak parah,  tepatnya di sepanjang dua kilometer yang menghubungkan enam dusun di Desa Angon-Angon Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Tampak warga sangat kompak. Bahkan ada yang menyumbang material seperti semen, batu cor dan pasir dan dikerjakan secara gotong royong.

Kondisi infrastruktur jalan di wilayah kepulauan banyak yang memprihatinkan karena kondisinya rusak parah sehingga ketika hujan sulit atau bahkan tidak bisa dilewati kendaraan karena becek, seperti jalan poros desa angon-angon kecamatan arjasa di pulau kangean ini. Menurut warga setempat, sudah bertahun-tahun kondisi jalan ini tidak pernah ada perbaikan, padahal keberadaan jalan menjadi jantung perekonomian masyarakat yang bekerja ke ladang dan aktivitas lainnya.

“Warga berinisiatif sumbangan untuk memperbaiki jalan kemudian dilakukan pengecoran secara bersama-sama. Dan sampai saat ini proses pengecoran sudah berjalan satu pekan,”ungkap warga setempat Ainurrahman,Selasa (05/07/2022).

Bahkan kata Ainur, warga juga memasang banner untuk mengajak masyarakat ikut menyumbang dana berupa apapun untuk perbaikan jalan poros desa yang menghubungkan beberapa dusun-dusun yaitu Dusun Nyangkreng Timur, Dusun Dhemok, Dusun Lembek, Dusun Karang Bunga, Dusun Kepbhen dan Dusun Talaghe Deje. “Saat ini dana swadaya yang sudah terkumpul sekitar Rp 200 juta lebih, sebagian ada yang menyumbang material berupa semen, batu cor dan pasir, dan kami juga dapat support dari Pemdes Angon-angon, aparat  desa yang juga nyumbang kepada kami secara pribadi. target pembangunan jalan sepanjang dua kilometer dan saat ini sudah selesai dibangun baru sekitar empat ratus meter,”paparnya.

Sementara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep saat dikonfirmasi terkait kegiatan masyarakat yang melakukan perbaikan jalan secara swadaya tersebut belum ada respon, memilih irit bicara.(sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca juga