Atasi Krisis Pangan di Pulau Masalembu, Pemkab Sumenep akan Kirim Logistik Gunakan Kapal TNI AL

Oke News, Sumenep 28 Februari 2023-Guna mengatasi krisis pangan akibat badai dan cuaca ekstrem di Pulau Masembu, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan mengirimkan logistik ke Pulau paling terluar itu.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat mengatasi krisis atau kelangkaan bahan pangan di Masalambu. Hal itu diwujudkan dengan mendistribusikan logistic dengan menggunakan armada TNI Angkatan Laut (AL). Meski begitu, Bupati masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terkait pendistribusian. Namun ia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD Provinsi Jawa Timur dan juga Koarmada II. “Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim dan Dinas Sosial Provinsi. Kami sepenuhnya siap pendistribusian logistik, tinggal menunggu Gubernur. Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan,” kata Bupati Fauzi, Selasa (28/02).

Orang nomor satu di Kota Keris ini mengaku, pendistribusian bantuan berupa logistik dan beras belum bisa dilakukan karena belum mengantongi izin dari syahbandar. Sesuai informasi dari syahbandar, pelayaran di perairan Sumenep baru bisa dilakukan setelah tanggal 2 Maret 2023. Namun, Bupati Fauzi memastikan Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera menyalurkan bantuan ke Pulau Masalembu itu. “Kami sudah instruksikan kepada jajaran untuk segera menyiapkan bantuan dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait. Ini agar masyarakat Masalembu segera mendapatkan bantuan, juga kelangkaan bahan pangan bisa segera diselesaikan,” jelasnya.

Sesuai geografis, Pulau Masalembu lebih dekat ke Kalimantan, dibandingkan dengan wilayah daratan Sumenep. Makanya, penyaluran bantuan harus segera dilakukan, karena ia tidak ingin masyarakat Masalembu terlambat mendapatkan bantuan kebutuhan pokok. “Menurut kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, pada dasarnya pendistribusian bantuan sudah siap. Tinggal menunggu Gubernur,” tegasnya.

Ia berharap, cuaca ekstrim itu tidak berlarut-larut. Karena jika cuaca buruk itu berlangsung lama, dipastikan akan terjadi kondisi yang sama disejumlah wilayah kepulauan seperti Kangayan dan Arjasa dan Pulau lainnya. Sebab, Sumenep memiliki banyak pulau yang jauh. “Semoga cuaca buruk ini tidak berjalan lama,” harapnya

Komentar