oleh

“Dolsi” Dodol Siwalan Kuliner Khas Sumenep

Oke News, Sumenep 09 Desember 2022-Banyaknya pohon siwalayan yang hampir ada di setiap pelosok desa, menjadi inovasi tersendiri oleh sejumlah Ibu-Ibu di Desa Totosan, Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dengan menyulap buah siwalan menjadi kuliner dodol, sontak kuliner yang bernama “Dolsi” ini, mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah warga setempat.

Melalui usaha rumahan, sejumlah warga di desa ini, mengolah buah siwalan menjadi sebuah kuliner dodol khas kabupaten ujung timur pulau madura.

Dolsi atau atau dodol siwalan ini, memiliki proses pembuatan yang hampir sama dengan dodol lainnya, hanya saja dodol ini tidak menggunakan pewarna atau pemanis lainnya, hal tersebut dilakukan untuk menjaga cita rasa dodol agar tidak menghilangkan aroma siwalan.

Salah seorang pemilik usaha dolsi, lila, mengaku, ide kreatif ini muncul saat membuat dodol siwalan dalam ajang lomba kuliner, “Karena banyak support Saya memberanikan diri memproduksi kuliner dodol siwalan dengan jumlah banyak,”ucapnya.

Adapun untuk penjualannya kata dia lebih banyak menerima pembeli dari media sosial, ketimbang dijual dengan cara dititipkan ke tiap toko atau minimarket.

“Saya berharap kuliner ini mendapat support dari pemerintah setempat untuk pemasaran produksinya ke pasar luar madura,”harapnya.(sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.