Kenalkan Literasi pada Anak Usia Dini, Dosen dan Mahasiswa Statistika Bisnis ITS Surabaya Gagas Pendirian Rumah Baca

OKE NEWS869 Dilihat

OKE NEWS, SUMENEP-Sebagai upaya mengenalkan literasi pada anak usia dini, Kenalkan Literasi pada Anak Usia Dini, Dosen dan Mahasiswa Statistika Bisnis ITS Surabaya berhasil mendirikan dan meresmikan rumah baca masyarakat di Desa Bungbungan, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (29/9/2023).

Rumah baca masyarakat ini mengusung konsep ‘ Literasik atau Literasi Asik’. Oleh karena itu, ruangan belajar pun dikemas seindah mungkin, dengan menyediakan fitur-fitur permainan untuk mengaktifkan motorik anak-anak.

Leader Project Literasi Asik Iis Dewi Ratih mengaku prihatin terhadap minat generasi bangsa Indonesia pada literasi yang terbilang masih lemah. Gagasan rumah baca, menurutnya, adalah salah satu upaya meningkatkan minat literasi generasi.

“Kemudian, kami pilih Madura dengan latar belakang ekonomi. Dan, literasi yang masih rendah. Kemudian terpilihlah Desa Bungbungan, Kecamatan Bluto ini,” ungkapnya, Jumat (29/9/2023).

Sementara itu, Kepala Departemen Statistika Bisnis, ITS Surabaya, Wahyu Wibowo menjelaskan bahwa gagasan rumah baca ini mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.

“Ini masuk pada kegiatan pengabdian untuk masyarakat. Untuk di Desa Bungbungan ini, kita bekerjasama dengan kedutaan Jerman untuk menyediakan rumah baca pada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu Wibowo mengaku bahwa gagasan rumah baca masyarakat khusus wilayah Kabupaten Sumenep telah diselenggarakan kedua kalinya. “Yang pertama itu, tahun kemarin kita lakukan di Pulau Sapudi,” pungkasnya.

Diketahui, rumah baca masyarakat di Desa Bungbungan ini akan menjadwalkan kunjungan pembaca dari berbagai sekolah di desa setempat.**

Komentar