oleh

Dampak PMK, Pasar Sapi Sepi Jelang Idul Adha

Oke News, Sumenep, 30 Juni 2022-Menjelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi, pasar hewan sapi di Sumenep, Jawa Timur, sepi, Kamis, (30/06/2022) sore. Diduga sepinya pasar hewan ini akibat merebaknya wabah PMK di Sumenep.

Seperti yang terpantau di Pasar Hewan di Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep. Jumlah sapi yang biasanya mencapai 400-500 ekor, saat ini hanya sekitar 30 ekor saja. hal ini disinyalir akibat merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang berimbas terhadap aktivitas perdagangan sapi madura.

Salah seorang pembeli, Hudi mengaku dengan merebaknya wabah PMK banyak warga enggan yang mau menjual sapi di pasar, pun juga yang mau membeli, juga sedikit karena masih dihantui rasa kekehawatiran yang tinggi. “Sekarang yang penjual dan pembeli sapi sama-sama ketakutan mas terhadap penyakit PMK itu, ” katanya.

Menurutnya bila membeli sapi di pasar nantinya dikenak virus PMK yang bisa berakibat fatal,”Saya berencana mau membeli sapi kurban, namun belum menemukan yang cocok,”terangnya.

Seperti diketahui di Kabupaten Sumenep terdapat 3 ribu lebih kasus PMK, namun 2 ribu lebih hewan sapi sudah dinyatakan sembuh sisanya masih dalam kondisi sakit, sedangkan yang mati tercatat sebanyak 6 ekor sapi akibat wabah PMK tersebut.(sai)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca juga