oleh

Sejumlah Sapi di Pamekasan Diserang Penyakit Bergejala Mirip PMK

Oke News, Pamekasan, 31 Mei 2022-Dalam beberapa hari ini, peternak sapi di Desa Bujur Barat Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan Madura, digegerkan dengan penemuan jenis penyakit lain yang menyerang hewan ternak sapi warga setempat. Gejala yang dialami, mulai dari luka di bagian mulut sapi, mengeluarkan air liur dan tidak mau makan.

Salah satu sapi milik warga Dusun Serpet Laok, Desa Bujur Barat, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan Madura, oleh warga penyakit ini disinyalir terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sebab sapi ini mempunyai gejala yang sama dengan ciri-ciri wabah itu , yakni mengeluarkan air liur serat luka di bagian mulut.

Syamhari salah seorang warga setempat mengatakan, wabah yang menyerang sapi ini terjadi sejak 4 hari sebelumnya, sementara saat ini sudah ada 5 sapi yang mengalami gejala penyakit tersebut, “Sapi terkena penyakit mulai dari luka di bagian mulut sapi, mengeluarkan air liur hingga tidak mau makan,” katanya, (30/05/2022).

Menurutnya, sampai saat ini, warga setempat hanya mengandalkan jamu tradisional untuk mengobati sapi yang terkena wabah tersebut, “Warga hanya dengan memberikan air kunyit terhadap sapi,”tandasnya(sai)

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.