oleh

Buah Mangrove Salah Satu Varian “Kopi Maljum” Bangkitkan Stamina dan Vitalitas Pria

Oke News, Pamekasan, 28 Oktober 2021-Bagi pecinta kopi, tentunya jangan sekedar ngopi saja, saatnya memilih minuman kopi yang berkhasiat bagi tubuh. Salah satu kopi yang patut dinikmati yaitu, Kopi Mangrove atau yang dikenal “Kopi Maljum” khas Kabupaten Pamekasan. Rasanya unik memiliki banyak khasiat. Seperti menjaga imunitas, antioksida serta menambah vitalitas pria. 

Siapa sangka, pohon mangrove atau pohon bakau yang selama ini dikenal sebagai pohon pelindung kawasan pesisir pantai dari hempasan angin dan ombak, ternyata di tangan Slaman warga Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, buahnya menjadi salah satu varian kopi yang kaya khasiat. 

Slaman bercerita pada mulanya melakukan uji coba pada teman-temannya, “Dan ternyata hasil dari minuman kopi mangrove itu dapat meningkatkan stamina dan vitalitas pria sehingga kopi mogrove sampai dikenal dengan istilah ‘Kopi Maljum’ karena saking khasiatnya pada kaum adam,”tutur Slaman penjual kopi mangrove.

Dan saat ini kata Slaman, kopi mangrove dikembangkan menjadi berbagai varian. “Sedangkan penjualannya tidak hanya di Indonesia, tapi tembus hingga ke Negara Jepang,”terangnya.

Slaman menambahkan, proses pembuatannya kopi khas Pemekasan ini bisa dibilang sangat mudah. Biji mangrove sudah dipetik diiris tipis, kemudian direndam selama tiga hari untuk menghilangkan nektar dan mengurangi rasa sepat. Setelah itu dilakukan penjemuran selama tiga hari hingga sampai kering,”Biji mangrove yang sudah kering digiling hingga halus. Lalu proses terakhir proses sangrai hingga bubuk bunga mengrove berubah warna menjadi hitam,”paparnya.

Semantara untuk menghasilkan cita rasa lanjut Slaman, kopi mangrove dicampur dengan bubuk cengkeh dan jahe. Kemudian dikemas dan siap dikonsumsi. 

“Rasa kopi mangrove unik, ada rasa pedas, sedikit rasa sepat dan kelihatan aroma cengkehnya,”terangnya.

Adapun harga kopi mangrove dalam satu kilonya Rp 150.000. Ada juga bentuk kemasan kecil 80 gram Rp 17.000. Kemeasan 100 gram  Rp 20.000. Kemasan 250 gram Rp 30.000.(sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed