Kreativitas Peserta KKN 01 IST Annuqayah, Bikin Rengginang dari Bahan Singkong 

OKE NEWS692 Dilihat

Oke News, Sumenep 23 Agustus 2022-Peserta KKN 01 Reguler IST Annuqayah posko Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bisa dibilang kreatif. Pasalnya mampu melakukan inovasi kuliner lokal, dengan mengadakan Pelatihan Pembuatan Ginangsing (Rengginang Singkong) yang berbeda dari rengginang pada umumnya.

Bila pada umumnya, rengginang dibuat menggunakan beras ketan sebagai bahan utama, namun peserta KKN posko Pragaan Laok membuat inovasi rengginang menggunakan singkong sebagai bahan utama. 

Rengginang Singkong dibuat menggunakan olahan singkong yang diparut, lalu diperas untuk membuang kadar air yang dikandung singkong. Setelah kadar airnya habis, singkong tersebut kemudian dipipihkan dalam cetakan yang sudah disediakan dan dikukus selama kurang lebih 2 menit, kemudian dijemur selama setengah hari.

“Air dari hasil perasan singkong tersebut didiamkan dan diambil sagunya untuk dicampurkan ke dalam,”ucap penanggung jawab kegiatan, Yusnawalah.

Menurutnya, inovasi singkong tersebut guna meningkatkan produk lokal yang tidak kalah saing dengan kuliner moderen pada umumnya. “Kami berharap inovasi ini bisa mendorong kreativitas masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya dengan memanfaatkan bahan lokal yang sudah ada,”tandasnya*

Komentar