oleh

Gubernur Jatim, Hadiri Baksos di Sumenep Ingatkan Pentingnya Kesehatan

Oke news, Sumenep 22 Juni 2022Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri bakti kesehatan dan bakti sosial yang digelar Koarmada II TNI AL bekerjasama dengan FKG Universitas Hang Tuah serta FKG Universitas Airlangga di Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan bertajuk “Pelayaran Wawasan Kebangsaan dan Bahari” ini dilaksanakan dengan berbagai acara salah satunya penyaluran bantuan sosial, bedah rumah, pemeriksaan kesehatan, donor darah hingga khitanan massal.

Gubernur Khofifah mengatakan, bakti kesehatan dan bakti sosial ini merupakan upaya agar bisa mendorong masyarakat yang sehat jasmani maupun rohani.

“Ini payungnya adalah pelayaran kebangsaan, jadi atas nama cinta bangsa maka kita membangun strong partnerahip berupa baksos. Sosialisasi kesehatan menjadi paket dari layanan baksos hari ini,” kata Gubernur Khofifah usai menghadiri bakti kesehatan dan bakti sosial, Rabu (22/6/2022) siang.

Lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mendukung kegiatan tersebut dan juga melalui sinergitas dengan Baznas agar terlibat langsung.

“Jadi Pemprov dengan Baznas membangun sinergi dari apa yang sudah dibangun bersama antara Koarmada II dengan FKG UHT dan FKG Unair,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Gubernur juga mengingatkan tentang pentingnya menekan angka stunting, dengan sering mengkonsumsi ikan. Karena ikan mudah didapat di Sumenep yang merupakan daerah kepulauan.

“Bazna memberikan dukungan dengan harapan kalau ada dukungan dari subsidi makanan untuk melakukan upaya mengurangi stunting. Berikutnya adalah gaya hidup dari masyarakat menjadi penting. Disini dekat pantai pasti banyak ikan oleh sebab itu ikan ini bagaimana dapat dikonsumsi oleh masyarakat,” terang Gubernur Jawa Timur.

Sementara Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan dengan berbagai pihak ini bertujuan membantu masyarakat termasuk yang berada di daerah pesisir.

“Hal ini merupakan salah satu dari tugas pokok TNI AL yaitu pembinaan potensi maritim. Disana bisa baksos, kesehatan atau bagaimana cara kita bisa membuat masyarakat pesisir lebih bagus, lebih makmud dan tentunya menambah ketahanan masyarakat,” ucap Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi.

Ditambahkan, TNI AL memiliki tugas pokok untuk terus membantu masyarakat dan menjalin koordinasi dengan berbagai instansi. Sehingga jika ada kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat pemanfaatan armada bisa dilakukan.

“Kami ingin lebih lagi dari kegiatan ini, mungkin kedepan ada kegiatan dari instansi lain silahkan kami disini memiliki kapal-kapal yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan berguna bagi masyarakat,” jelasnya saat di Pantai Slopeng.

Kegiatan bakti kesehatan dan bakti sosial yang dilaksanakan di Pantai Slopeng mendapatkan respon positif dari masyarakat Kabupaten Sumenep. Ratusan masyarakat termasuk para pelajar hadir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang disediakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca juga