oleh

HPN 2021, Ketua KJS Ajak Jurnalis Sajikan Informasi Bernada Positif dan Optimistik di Tengah Pandemi

Oke News, Sumenep 09 Februari 2021-Tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. HPN tahun 2021 ini mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi”.

Di momen spesial kali ini, Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) Ahmad Sa’ie mengajak seluruh insan pers, khususnya di kabupaten paling timur Pulau Madura, agar tetap semangat menjalankan kerja jurnalistik di tengah pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan.

“Saya juga ingin mengajak teman-teman jurnalis untuk ikut berperan aktif dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, meskipun dari daerah,” ujarnya, Selasa, 9 Februari 2021.

Salah satu hal yang bisa dilakukan kalangan jurnalis untuk bangkit dari pandemi Covid-19 ialah dengan menyajikan informasi-informasi bernada positif dan optimistik.

Namun dia menyadari, menyajikan berita positif dan optimistik di era seperti sekarang bukan persoalan mudah. Sebab perkembangan teknologi-informasi, dengan media sosialnya, menjadi tantangan tersendiri dunia pers hari ini.

Berita yang tidak dikemas secara apik cenderung akan tergulung oleh informasi-informasi palsu (hoaks) yang kini berjubel di jagat maya. “Artinya, sebisa mungkin produk jurnalistik hari ini, meski tidak sempurna minimal nyaris,” tegasnya.

Untuk menyajikan produk jurnalistik yang nyaris sempurna, sambung dia, jurnalis tidak bisa hanya bermodal tahu mengetik di papan ketik, tapi harus bisa menulis.

“Selain tahu menulis, jurnalis juga harus menguasai atau paham terhadap elemen-elemen jurnalistik. Karena sejatinya, jurnalis tidak cukup hanya bermodal ID card,” tambah dia.

Terakhir, di momen HPN kali ini ia berharap dunia pers, sebagai bagian dari pilar demokrasi, semakin cerah sekaligus mencerahkan. “Selamat Hari Pers Nasional 2021,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed