oleh

Upacara Hari Jadi Sumenep ke-752, Gunakan Bahasa Madura dan Pakaian Adat

Oke News, Sumenep, 31 Oktober 2021-Indonesia kaya akan budaya, seperti budaya upacara Hari Jadi Sumenenp yang ke-752,  dengan menggunakan bahasa Madura dan memakai pakaian adat, yang berlangsung di halaman Kantor Pemkab setempat, Minggu (31/10/2021).

Suasana Upacara Hari Jadi Sumenep yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober berjalan khidmat. Semua peserta termasuk seluruh Pimpinan Forum Kordinasi Daerah (Forkopimda) juga tidak luput dari mengenakan pakaian adat. Bahkan pimpinan upacara dan inspektur upacara juga menggunakan bahasa daerah yakni bahasa Madura.

“Menggunakan Bahasa Madura, sebagai bentuk melestarikan budaya lokal yang mulai terkikis oleh perkembangan Zaman,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Adapun tema Hari Jadi yang ke 752 ini yaitu “Masyarakat sehat, Sumenep kuat”. Bupati mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Kabupaten Sumenep merupakan Kabupaten yang berlatar belakang kerajaan dan memiliki banyak pulau berjumlah 126 pulau termasuk yang tidak berpenghuni. Bahkan peninggalan keraton sampai saat ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan.(sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed