Kapal Tongkang Bermuatan Ratusan Batang Kayu, Karam di Perairan Pulau Masalembu

OKE NEWS461 Dilihat

OKE NEWS, SUMENEP-Kapal tongkang bermuatan ratusan batang kayu kandas di perairan Pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur.

Kapal dihantam ombak besar. Meski begitu tidak ada korban jiwa. Kandasnya kapal tersebuat akibat cuaca buruk yang melanda di Perairan Pulau Masalembu.

Kapal tersebut sarat muatan kayu bertolak dari PT Inhutani Sambarata, Tanjung redeb, Kabupaten Berau Kalimantan timur tujuan Gresik, Jawa Timur.

Petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) UPP Kelas III Masalembu mengaku peristiwa itu terjadi Jumat (5/8/2023) dan baru bisa mendekat ke lokasi, Sabtu (6/8/2023) setelah cuaca membaik. Saat itu kapal yang dinakhodai Kapten Sandhy R membawa 9 ABK.

“Keadaan cuaca di Perairan Masalembu buruk, angin kencang bertiup ke arah tenggara disertai gelombang dan arus air laut cukup kuat. Sehingga Sabtu baru bisa mendatangi Kapal Tugboat dengan Kapal Ponton tersebut,” kata Humas Polres Sumenep AKP Widiarti saat dikonfirmasi, Minggu (6/8/2023).

Dia menambahkan kapal tongkang tersebut ditarik tugboat mengalami kemiringan di sebelah barat laut Pulau Masalembu berjarak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai masuk Dusun Baru, Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, Sumenep, dengan titik koordinat 05°32’313″ S/114°22’658″ E.

“Penyebab kapal tongkang mengalami kandas dan posisi miring disebabkan hantaman angin dan ombak besar. Sehingga kapal tugboat yang menarik tidak kuat,” tandasnya.

Komentar