oleh

Pemprov Jatim Launching 9 Klinik BUMdes di Pantai Wisata Lon Malang

Oke News, 31/07/2022-Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melaunching 9 Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Zona kreatif inovatif produktif di Pantai Wisata Lon Malang Bira Tengah Sampang, Minggu (31/07/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Soekaryo SH., Mam. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar., M.M. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr. Andromeda Qomariah, M.M. Direktur Yayasan Rumah Kita Sidoarjo, Andrianus M. Uran. Direktur Kita Indonesia Penggerak Foundation, Dwi Ariady Kusuma.

Kegiatan yang digelar di Pantai Lon Malang tersebut berkat kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Yayasan Rumah Kita yang didukung oleh PT Sampoerna.

Kepala Dinas PMD Jawa Timur Soekaryo mengatakan, program atau kegiatan tersebut diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Prawansa untuk meningkatkan desa wisata dengan tujuan meningkatkan perekonomian yang ada di desa. Sehingga desa mempunyai penghasilan tinggi dan PAD nya naik.

“Dana bantuan ini dari Ibu Gubernur ke Direktur KIP. Sedangkan untuk pelatihannya dibuka secara umum. Dari sekian ratus desa yang berbasis BUMDes ternyata ada 196 desa di Jawa Timur yang mendaftar BUMDes,” tuturnya.

Sementara itu disinggung soal pemilihan pendampingan desa, ia menjelaskan untuk penyeleksiannya semi tertutup. Melalui proses pelatihan. Pihaknya menggali dari dokumentasinya serta administrasinya.

“Yang terpenting adalah 3A, 1. Aset, dimana desa wisata tersebut berbasis BUMDes, 2. Arena, dimana desa wisata tersebut punya potensi untuk dikembangkan, 3. Aktor, kami juga melakukan wawancara kepada pelaku dari desa,”pungkasnya.*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.