oleh

Sekolah Lapang Cuaca; Nelayan saatnya Berparadigma Menangkap Ikan, Bukan Mencari Ikan

Oke News, Sumenep, 29 September 2021-Pertama kalinya BMKG Kemaritiman Tanjung Perak Surabaya menggelar Sekolah Lapang Cuaca untuk kelompok nelayan di Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Jawa Timur, kemarin. Hal ini guna memberikan edukasi tentang pengetahuan cuaca sebelum melaut.
“Berbekal pengetahuan, nelayan saatnya berparadigma menangkap ikan yang aman, bukan hanya mencari ikan saja,” ucap Kepala BMKG Jawa Timur, Taufiq Hermawan, usai memberikan materi pengetahuan tentang cuaca.

Menurutnya, nelayan juga mulai Update dengan memanfaatkan alat teknologi berbasis info cuaca. Sehingga dengan begitu bisa mempermudah menemukan di mana tempat ikan yang banyak.
“Sekolah lapang cuaca ini juga dalam rangka menekan angka kecelakaan laut dengan berbekal pengetahuan tentang cuaca,”terangnya.

Pengetahuan tentang cuaca kata dia, sangat penting dimiliki nelayan. Apalagi disaat terjadi cuaca buruk, “Faktor keselamatan melaut sangat utama, apalagi di Sumenep banyak pulau, ketergantungan pada kekayaan laut sangat tinggi,”tandasnya.(Sai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed