oleh

Bupati Sumenep cek pemanfaatan aplikasi HomPIMPA di puskesmas

SUMENEP, 21 Februari (Oke News) – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Bluto, Senin.

Sidak yang dilakukan orang nomor satu di Sumenep kali ini untuk memastikan layanan satu data kesehatan melalui aplikasi HomPIMPA berjalan maksimal.

Sesampainya di Puskesmas, Bupati langsung menuju ke loket pelayanan. Di sana ia memeriksa pemanfaatan aplikasi HomPIMPA secara detil kepada petugas.

Untuk lebih memastikan, suami Nia Kurnia itu bahkan cek darah di Puskesmas tersebut. “Saya ingin memastikan bahwa aplikasi ini telah berjalan,” katanya.

Menurutnya, dengan aplikasi HomPIMPA data kesehatan masyarakat Sumenep akan tersentral menjadi satu. Sehingga akan memudahkan petugas medis dalam hal penanganan kesehatan.

“Artinya, setelah kunjungan ke sini, terus misalnya Kamis ini saya berkunjung ke Puskesmas Rubaru, kemudian ingin cek kesehatan lagi, dokter di sana sudah bisa tahu medical record saya hari ini. Sehingga dokter bisa lebih cepat menganalisa dan memberikan pelayanan,” ujarnya.

Saat ini seluruh Puskesmas baik daratan maupun kepulauan sudah memanfaatkan aplikasi HomPIMPA. Inovasi di bidang kesehatan ini merupakan perwujudan pengembangan Health Center Information System (HCIS) dalam Smart Regency yang dilaunching pada 17 Agustus 2021 lalu.

“Aplikasi ini juga tersambung ke Call Center 112, dan saya bisa memonitor langsung. Meski begitu, rekam medis pasien tetap aman. Karena tidak semua orang bisa mengaksesnya. Hanya petugas atau dokter terkait,” tutupnya.

HomPIMPA sendiri merupakan singkatan dari Health Indicator Modules with Appropriate Integrated Methods for Proper Access of Health Information. Dalam bahasa Indonesia berarti metode indikator kesehatan dengan metode terintegrasi tepat guna untuk akses memadai informasi kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca juga